Desentralisasi Fiskal dan Hambatan Dalam Penerapannya

Berikut gw tulis tweet gw di @imanbatman tanggal 31 Agustus 2012, jam 20:17-20:32 tentang desentralisasi fiskal dan hambatan dalam penerapannya…

Mau sedikit nyampah di timeline sebentar yaaa.. Maaf, yg ngerasa keganggu, sila hit ‘mute’ atau ‘unfollow’ button-nya yaa 😀

Sekitar setaun yg lalu gw sempet taruhan sama temen terkait masalah desentralisasi fiskal, UU Pajak dan Retribusi Daerah.

Gw blg klo pelimpahan PBB, BPHTB & 13 jenis pajak lainy dr @DitjenPajakRI k Pemda, cm bikin mslh baru. Akan jd ladang korupsi baru di daerah

SDM & infrastruktur di daerah itu blm siap utk menyerap penerimaan negara/daerah sedemikian masif. Udh bkn cerita baru Lurah nilep duit PBB.

Desentralisasi fiskal, sekalipun dgn tujuan yg baik yaitu perimbangan keuangan antara pusat & daerah itu ga adil kalo menurut gw.

Desentralisasi penerimaan, tanpa dibarengi desentralisasi pengeluaran. Beban APBN makin berat ke dpn krn transfer ke daerah ya tetep aja ada

Sementara di sisi penerimaan diambil Pemda. Kasian Agus Marto cuy. Cepet tua, ga ganteng lg. Ibaratny pemasukan berkurang, pengeluaran tetep

Belum genap setaun gw ngomong gitu, UU PDRD itu udah teraplikasi di Kabupaten Karawang. Dan tebak apa yg terjadi?

Rabu kemaren mulai tercium kasus penggelapan upah pungut PBB & BPHTB belasan milyar di DPPKAD Kab. Karawang. Akhirny gw menang taruhan dah.

Dan konon katanya yaa, kasus ini udh terendus sm idungnya Abraham Samad dan @KPK_RI dlm itungan hari. Isssh ceyeeem. Bakal seru nih kayakny.

Sekian dan terimakasih… #Unmute #Refollow #Exit

Originally captured from www.twitter.com/imanbatman

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.